Selasa, 21 Agustus 2012

LAPORAN PRAKERIN PERAWATAN DAN PERBAIKAN PC (TKJ)


LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI CV. SIGMA COMPUTER
Jalan Pamulang Permai Blok SH2 No.2 Pamulang – Tangerang Selatan
PERAWATAN & PERBAIKAN PC “
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat menempuh
 Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun pelajaran 2012/2013

   Disusun oleh : 
            Nama   :  Lina Nurlina 
          Kelas   :  XII TKJ 1 
            NIP     :  1011.101.61
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KAWALI
Jl. Talagasari No.35 Tlp. (0265) 791727 Kawali – Ciamis 46253
2012





LEMBAR PENGESAHAN

    Laporan ini telah disetujui dan disahkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2012/2013.


Disahkan di : SMK Negeri 1 Kawali
Tanggal : ..........................




Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Kawali


Dra. IKA KARNIATI SARDI, M.M.Pd.
Pangkat : Pembina Tk 1
Nip. 19610119 198603 2 006






KATA PENGANTAR
     Alhamdulillah dengan rasa puji syukur kehadirat Allah S.W.T. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini tanpa ada halangan apapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  Laporan ini dibuat sebagai bentuk pembuktian bahwa siswa telah mengikuti kegiatan prakerin yang dilaksanakan di CV. SIGMA COMPUTER selama 3 bulan, terhitung dari tanggal 2 Januari 2012 sampai dengan tanggal 30 Maret 2012, serta sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2012/2013.
     Tak lupa juga penulis mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada keluarga (orang tua) dan teman – teman saya yang selalu mendukung dan memberikan semangat disaat penulis butuh bantuan, bimbingan, maupun dorongan. Selain itu, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
1.    Ibu Dra. Ika Karniati Sardi, M.M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kawali.
2.    Bapak Haryadi, selaku Ketua Perusahaan CV. Sigma Computer.
3.    Bapak Totong Nurdiana,S.Kom, selaku Wakasek SMK Negeri 1 Kawali.
4.    Bapak Nono Suarno, S.S.T, selaku pembimbing sekolah yang mengontrol perkembangan industri.
5.    Bapak Roni Sunandar,S.Kom, selaku Ketua Program keahlian Teknik Komputer Jaringan.
6.    Bapak Drs. Joni Hidayat dan Bapak Dian Sediana,S.Kom, selaku pembimbing laporan.
7.    Ibu Tiana, selaku pembimbing serta para pegawai CV. Sigma Computer.
8.    Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri 1 Kawali yang telah memberikan bimbingan.
9.    Kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun material, sehingga penulis dapat melanjutkan penyusunan laporan ini hingga seslesai pada akhirnya.
Akhir kata, penulis menyadari bahwa laporan Prakerin ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis mengharapkan adanya saran, masukan maupun kritikan yang bersifat membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis juga masyarakat pada umumnya.




Kawali, 04 April 2012


Penyusun   


MOTTO
1.    “ Kejarlah ilmu walau sejauh apapun ... “
2.    “ Bekerja keras dan tetap semangat pasti berhasil ... “
3.    “ Banyak – banyaklah bertanya sebelum kamu ditanyai. “
4.    “ Keikhlasan membuat hidup terasa indah. “
5.    “ Berfikir dahulu sebelum melakukan sesuatu. “
6.    “ Jangan kerjakan besok apabila bisa dikerjakan sekarang. “



DAFTAR ISI
Halaman

LEMBAR PERSETUJUAN        i
LEMBAR PENGESAHAN        iv   
KATA PENGANTAR        v   
MOTTO        vii   
DAFTAR ISI         viii
DAFTAR GAMBAR           ix   
BAB I   PENDAHULUAN           1   
1.1     Latar Belakang Masalah            1   
1.2     Tujuan Penulisan Laporan           2   
1.3     Rumusan Masalah           2   
1.4     Teknik Pengumpulan Data           2
1.5     Sistematika Laporan           3   
1.6     Lokasi Objek           4   
BAB II   RUANG LINGKUP OBJEK           5
2.1  Sejarah Berdirinya Perusahaan           5
2.2  Struktur Organisasi Perusahaan           5   
2.3  Kepegawaian           6   
2.3.1 Pendidikan Karyawan           6    
2.3.2 Sistem Penggajian Karyawan           6
2.3.3 Disiplin Kerja Karyawan           6   
2.4  Peralatan Pendukung Perusahaan           7
2.5  Penanggulangan Limbah           7   
BAB III   LANDASAN TEORI           8
3.1  Pengertian Hardware, Software Dan Troubleshooting           8
3.1.1  Pengertian Perangkat Keras (Hardware)           8   
3.1.2  Pengertian Perangkat Lunak (Software)           8   
3.1.3  Pengertian Troubleshooting Komputer           8   
3.2  Fungsi Hardware, Software Dan Troubleshooting           9   
3.2.1  Fungsi Perangkat Keras (Hardware)            9   
3.2.2  Fungsi Perangkat Lunak (Software)           9   
3.2.3  Fungsi Troubleshooting Komputer           9   
3.3 Macam-macam/Bagian-bagian Hardware, Software &Troubleshooting           9   
3.3.1  Macam-macam Perangkat Keras (Hardware)           9   
3.3.2  Macam-macam Perangkat Lunak (Software)         17   
3.3.3  Macam-macam Troubleshooting Komputer         18   
3.4 Perawatan PC        19
3.4.1  Kondisi Yang Perlu Diketahui Dari Komponen        19
BAB IV   PRAKTIK KERJA         23 
4.1  Tahap Persiapan          23
4.1.1  Persiapan Alat Dan Bahan         23
4.1.2  Kesehatan Dan Keselamatan Kerja         24
4.2   Tahap Pelaksanaan         24
4.3  Tahap Pengujian         32
4.3.1  Pengujian Hasil Troubleshooting Pada Komputer Hang         32
BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN         33   
5.1 Kesimpulan         33
5.1.1  Kesimpulan Umum         33 
5.1.2  Kesimpulan Khusus         33
5.2 Saran – Saran         33
5.2.1  Saran Untuk Adik Kelas         34
5.2.2  Saran Untuk Sekolah         34
5.2.3  Saran Untuk Perusahaan         34
DAFTAR PUSTAKA         35
LAMPIRAN – LAMPIRAN         36
DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 3.1 Keyboard ……....….…………………….………………    11
Gambar 3.2 Mouse    .....…….……………………..….…………….    11
Gambar 3.3 Scanner    .....……..…….………………….…………….    12
Gambar 3.4 Power Supply ......………………………………………..    12
Gambar 3.5 Memory/RAM ...…………….…………………………..    13
Gambar 3.6 VGA Card ..........………….………………………….….    13
Gambar 3.7 Processor  ........…………………..........………………...    13
Gambar 3.8 Motherboard     ..............................................................    14
Gambar 3.9 Monitor     ..........................................................................    14
Gambar 3.10 Printer     ..........................................................................    15
Gambar 3.11 Harddisk..........................................................................    15
Gambar 3.12 Modem   .........................................................................          16
Gambar 3.13 Sound Card Onboard .....................................................           16
Gambar 3.14 Sound Card Offboard ......................................................         17
Gambar 3.15 Sound Card External .......................................................         17
Gambar 3.16 Macam-macam SO ..........................................................         18
Gambar 3.17 Tampilan Adobe Potoshop ..............................................         18
Gambar 3.18 Casing ..............................................................................         20
Gambar 3.19 Floppy Disk ....................................................................          21  
Gambar 4.1 Perawatan Casing.............................................................           24
Gambar 4.2 Memasang Cooler Harddisk.............................................           24
Gambar 4.3 Merawat VGA Card.........................................................            25
Gambar 4.4 Bagian RAM ....................................................................           25
Gambar 4.5 Membersihkan RAM ......................................................           25
Gambar 4.6 Memeriksa RAM ............................................................           26
Gambar 4.7 Stabilizer .........................................................................           26
Gambar 4.8 Fan CPU ..........................................................................           26
Gambar 4.9 Posisi Fan ........................................................................           27
Gambar 4.10 Oleskan Pasta ke Processor ...........................................           27
Gambar 4.11 Rapikan Jalur Kabel ......................................................            27
Gambar 4.12 Gelang Statis .................................................................            28
Gambar 4.13 Membuka Casing CPU ..................................................            28
Gambar 4.14 Komponen Dalam CPU ................................................             29
Gambar 4.15 Membersihkan Debu ......................................................           29
Gambar 4.16 Merakit Komponen Komputer .......................................           29
Gambar 4.17 Nyalakan Komputer .......................................................           30
Gambar 4.18 Melepaskan Memory/RAM ...........................................           30
Gambar 4.19 Membersihkan pin RAM ................................................           30
Gambar 4.20 Memasang Komponen ...................................................            31
Gambar 4.21 Ganti Power Supply ........................................................           31
Gambar 4.22 Rakit Kembali Komponen ...............................................          31
Gambar 4.23 Tutup Casing & Nyalakan Komputer ..............................          32


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah
Pengaruh pada era Globalisasi membawa dampak ganda, yaitu disatu sisi era ini membawa iklim yang semakin terbuka untuk bekerja sama dalam bidang bisnis dan managemen. Disisi lain era ini juga membawa persaingan yang sangat ketat di bidang teknologi.
Praktek Kerja Industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktik kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri.
Misi Sekolah Menengah Kejuruan adalah untuk membentuk manusia pembangunan yang mampu berperan sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak kerja dan mandiri dalam berbagai kemampuan. Sebagai realisasinya diterapkanlah metode pendidikan dengan sistem ganda sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK tahun 1994 dan disempurnakan dengan Kurikulum SMK edisi 99.
Yang dimaksud dengan pendidikan dengan sistem ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sinkron antara program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan langsung di dunia kerja / industri secara terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu.
Penyelenggaraan penguasaan keahlian di dunia kerja dinamakan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Dengan demikian setiap siswa wajib mengikuti program ini sebab PRAKERIN merupakan realisasi dari pelaksanaan Kurikulum SMK secara menyeluruh.


1.2.  Tujuan Pembuatan Laporan
Sebagai bukti siswa telah melaksanakan PRAKERIN maka disusun laporan hasil Prakerin. Tujuan penyusunan laporan ini antara lain :
a)    Sebagai alat untuk mengetahui kegiatan siswa selama Prakerin;
b)    Supaya siswa lebih mengenal arti dari sebuah pekerjaan;
c)    Meningkatkan mutu siswa lulusan SMK Negeri 1 Kawali;
d)   Memperluas wawasan siswa dalam bidang di bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional;
e)   Sebagai syarat untuk dapat mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah tahun pelajaran 2012/2013.

1.3.  Rumusan Masalah
Dalam penulisan laporan ini, penulis hanya membatasi tentang melakukan perawatan dan perbaikan pada PC, yang menjadi objek pembahasan agar penguraiannya dapat terfokus dengan baik dan sistematik.

1.4.  Teknik Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan laporan ini diantaranya :
a)      Observasi (pengamatan langsung)
Yaitu penulis melakukan pengamatan secara langsung terjun dalam dunia kerja yang sebenarnya, sehingga penulis tidak hanya mendapat gambaran belaka.
b)      Wawancara
Yaitu penulis melakukan wawancara dengan pembimbing industri pada waktu luang untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan.
c)      Mendownload
Yaitu penulis memperoleh data berupa sumber – sumber informasi dari internet yang berkaitan langsung dengan masalah yang dibahas dalam laporan ini.

d)     Kajian Literatur
      Yaitu data yang diperoleh berdasarkan literatur, seperti :
-          Buku
-          Makalah
-          Modul dan buku yang berkaitan dengan laporan ini

1.5. Sistematika Penulisan Laporan
            Dalam penyusunan laporan praktik kerja industri ini, penyusun mengelompokkan dalam lima (5) Bab yang terdiri dari :
BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan mengenai latar belakang masalah, maksud dan tujuan pembuatan laporan, rumusan masalah, teknik pengumpulan data, sistematika laporan dan lokasi objek.
BAB II RUANG LINGKUP OBJEK
Bab ini membahas sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi perusahaan, kepegawaian, peralatan pendukung kegiatan, serta penanggulangan limbah.
BAB III LANDASAN TEORI
Bab ini penulis membahas mengenai landasan teori yang mendukung tentang troubleshooting, hardware, software dan perawatannya..
BAB IV PRAKTIK KERJA
Bab ini menguraikan berupa inti dari laporan yang penulis susun karena merupakan deskripsi dari uji coba yang dilakukan yaitu tentang perawatan dan perbaikan PC, yang meliputi tahap pelaksanaan, tahap pengujian hasil, dan penanganan masalah.


BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab terakhir ini menyajikan kesimpulan terhadap semua materi yang telah disajikan pada bab-bab sebelumnya serta berisikan saran-saran yang perlu disampaikan mengacu pada teori, analisa dan kesimpulan lainnya.
1.6.      Lokasi Objek
Lokasi perusahaan berada di Jalan Pamulang Permai Blok SH 2 No.2 Pamulang – Tangerang Selatan 15417. Untuk lebih jelasnya lagi, lihat pada denah lokasi yang berada di lampiran I.














BAB II
RUANG LINGKUP OBJEK
2.1.      Sejarah berdirinya Perusahaan / Institusi
            Sigma computer adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan perangkat komputer dan jasa yang berkaitan dengan teknologi informasi yang telah berdiri sejak tahun 1998. Hingga saat ini, Sigma telah dipercaya untuk bekerja sama dengan berbagai vendor / produsen produk-produk komputer, laptop dan software dengan dukungan supply barang maupun  purna jual (after sale).
            Sigma beralamat di Jalan Ruko Pamulang Permai Blok SH 2 No.2 Pamulang. Mulanya hanya sebuah ruko kecil yang hanya mempunyai 2 buah komputer untuk dipersewakan sebagai rental pengetikan. Setahun kemudian,  jasa pengetikan Sigma semakin ramai. Seiring perkembangan zaman, banyak pula yang mencari perangkat komputer beserta accesories, hingga akhirnya Sigma pun berinisiatif untuk berjualan komputer dan perangkatnya. Tidak hanya sebatas berjualan saja, Sigma juga menyediakan jasa service hardware dan software yang bisa dilakukan di klinik ataupun datang ke rumah dengan kata lain call service selain itu juga memilkki rental percetakan, setting scan, print warna dan digital.
2.2.       Struktur Organisasi Perusahaan / Institusi
            Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki organisasi, organisasi tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab. Tugas dari organisasi tersebut adalah melaksanakan program perusahaan dengan sebaik-baiknya dan secara bijaksana. Sedangkan tanggung jawab dari organisasi adalah menaati seluruh program dan tata tertib dalam sebuah institusi/industri. Untuk melihat susunan organisasi, terlampir di halaman lampiran.


2.3.      Kepegawaian
2.3.1    Pendidikan Karyawan
Sebagian besar karyawan Sigma Computer adalah lulusan SMK dan mahasiswa IT, karena perusahaan ini memerlukan tenaga yang terampil, berpengalaman, kreatif dan inovatif sesuai kemajuan zaman. Untuk lebih jelas lihat tabel pegawai berikut ini :

NO
NAMA
PENDIDIKAN TERAKHIR
1
Haryadi
Perguruan Tinggi
2
Tiana
SMA
3
Siti
SMK
4
Chandra Guftha
SMA
5
Dogol
SMK
6
Evi
SMA
7
Mansyur
SMK
8
Yanto
SMA

Tabel 2.1 Daftar Tabel Pegawai

2.3.2    Sistem Penggajian
Sigma Computer melakukan sistem penggajian setiap satu bulan sekali. Setiap karyawan akan menerima upah tiap bulannya menggunakan uang kash dan besar gajinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

2.3.3    Disiplin Kerja Karyawan
Kedisiplinan memang sangat diutamakan bagi setiap instansi / perusahaan, dengan disiplin pekerjaan akan terselesaikan pada waktunya. Apabila terjadi pelanggaran – pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan, pemimpin perusahaan turun langsung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun tata tertib yang harus dipatuhi oleh karyawan adalah sebagai berikut :
·         Masuk setiap hari dari pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB
·         Jam Istirahat 12.00 WIB – 12.30 WIB

2.4.      Peralatan Pendukung Perusahaan
            Peralatan yang mendukung CV Sigma Computer sehingga terus berjalan hingga kini yaitu :
1.      Meja kerja.
2.      Beberapa unit komputer untuk pengecekkan dan backup data.
3.      Toolkits.
4.      Jalur listrik.
5.      DVD external, DVD&CD ROM.
6.      CD / DVD operating system.
7.      CD / DVD software library.
8.      CD / DVD driver untuk PC dan printer.
9.      Jaringan internet untuk memudahkan kebutuhan driver yang dibutuhkan.

2.5.      Penanggulangan Limbah
Dalam penanggulangan limbah CV Sigma Computer menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi ke agen khusus barang bekas komponen-komponen komputer. Untuk barang bekas seperti botol tinta printer dijual ke agen yang khusus menerima barang bekas seperti plastik.





BAB III
LANDASAN TEORI
Dalam laporan ini, penyusun tidak melaporkan seluruh kegiatan praktik, tetapi hanya mengambil sebagian materi yang paling sering dilakukan. Materi yang dipilih yaitu tentang Perangkat Keras komputer (Hardware), Perangkat lunak komputer (Software), Troubleshooting serta Perawatan PC.
3.1.      Pengertian Hardware, Software Dan Troubleshooting
3.1.1    Pengertian Perangkat Keras (Hardware)
           Perangkat keras komputer (hardware) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata.
3.1.2   Pengertian Perangkat Lunak (Software)
           Software merupakan bagian dari komponen sistem komputer yang diprogram dan memungkinkan komputer untuk mencocokan perintah yang diterima untuk memenuhi kebutuhan pengguna.
3.1.3    Pengertian Troubleshooting Komputer
            Troubleshooting komputer merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk menganalisa gejala yang didapat dari masalah sistem, baik secara software maupun hardware dan melakukan tindakan atas masalah yang ditimbulkan dari kelainan sistem tersebut. Komputer merupakan suatu alat bantu yang tergolong penting saat ini, contohnya pada kegiatan perkantoran, tentunya dengan adanya komputer maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Sebagai pengguna atau pemakai komputer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan komputer.
            Hal tersebut dapat diakibatkan adanya ketidaksesuaian dari komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya berkaitan dengan software (perangkat lunak atau aplikasi), hardware (perangkat keras) atau brainware (si pemakai komputer).
3.2       Fungsi Hardware, Software Dan Troubleshooting
3.2.1  Fungsi  Perangkat Keras (Hardware)
            Hardware berfungsi sebagai alat yang mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
3.2.2  Fungsi Perangkat Lunak (Software)
            Perangkat lunak atau yang biasa disebut software ini berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, bahasa pemrograman), dan lain - lain.
3.2.3  Fungsi Troubleshooting Komputer
            Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian diatas bahwa troubleshooting komputer ini adalah untuk mendiagnosa permasalahan, artinya sebagai pengguna harus dapat melakukan pengecekan kemudian mengidentifikasi gejala atau kesalahan pada komputer.
3.3.      Macam-Macam Serta Bagian-bagian Hardware, Software, dan Troubleshooting
3.3.1  Macam-macam Perangkat Keras (Hardware)
            Berdasarkan fungsinya perangkat keras komputer dibagi 5 macam :
1)      Input Device (unit masukan)
2)      Process Device (unit pemrosesan)
3)      Backing Storage (unit penyimpanan)
4)      Periferal (unit tambahan)
            Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard, dan mouse, process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan Control Section), Output device terdiri dari monitor dan printer, storage external memory terdiri dari harddisk, floppy drive, CD ROM, Magnetic Tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1.      Input Device ( Input Masukan)
      Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan PC adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selai itu terdapat joystick yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulassi. Touch panel, dengan menggunakan senthan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
      Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input (berbentuk data yang dimasukan ke dalam sistem komputer) dan maintenance input (berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :
Ø  Peralatan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digtizer graphics tablet, scanner.
Ø  Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam piranti, yaitu :
a)      Keyboard, merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
 
Gambar 3.1 Keyboard

b)      Mouse, adalah salah satu unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursos secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasis GUI (Graphical User Interfaces).
 
Gambar 3.2 Mouse

c)      Scanner, adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Gambar 3.3 Scanner

2.      Process Device (Unit Pemrosesan)
a)      Power Supply, mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supply menentukan kualitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 watt yang disalurkan power supply biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja banyak menggunakan periferal (unit tambahan).
Gambar 3.4 Power Supply

b)      RAM (Random Access Memory), biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyupali data – data penting yang dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
 
Gambar 3.5 Memory/RAM

c)      VGA Card (Kartu Grafis), adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menapilkan tampilan – tampilan di layar.
Gambar 3.6 VGA Card

d)     Processor (Unit Pemroses), atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Processor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks.


Gambar 3.7 Processor

e)      Motherboard (Unit Pemrosesan), adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung. Pada potherboard inilah perangkat keras seperti harddisk, ram, processor, vga card dan perangkat keras lainnya di hubungkan.
Gambar 3.8 Motherboard

3.       Output Device ( Unit Keluaran)
a)      Monitor, adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merk dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis – jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).