Rabu, 06 Mei 2015

" Rencana Mengajar "



Jika menjadi guru nanti, saya ingin menjadi seorang guru yang bisa disenangkan oleh murid-murid saya, merasa nyaman dengan materi yang saya ajarkan, dan hal yang akan saya lakukan ketika pertama kalinya masuk kelas untuk mengajar adalah dimulai dengan mengucapkan Salam kepada murid, membaca doa sebelum belajar lalu menanyakan kabar dan mengenalkan diri kita dengan singkat sebagai guru yang akan mengajar dikelas tersebut seperti nama dan alamat tempat tinggal kita. Selanjutnya, saya akan menyuruh siswa untuk mengenalkan dirinya satu-persatu seperti nama, alamat, hobi dan cita-cita (Kurang lebih seperti itu).
Setelah selesai satu-satu siswa di tanyakan tentang dirinya, saya akan melakukan hiburan sejenak dengan apa yang telah dipersiapkan sebelumnya yaitu menyiapkan sebuah ice breaking agar suasana dalam perkenalan menjadi menarik.
Selanjutnya, agar kedepannya pembelajaran berjalan lancar sesuai rencana saya akan mengajak siswa untuk mendiskusikan dalam membentuk struktur organisasi kelas, jika memang hal itu belum ada dan belum terstruktur. Serta membuat kesepakatan-kesepakatan lainnya.
Mungkin dalam hari pertama masuk akan seperti itu saja, saya akhiri dengan penutupan untuk berdoa bersama-sama.
Untuk hari-hari selanjutnya saya akan memberikan materi yang sesuai dengan RPP dan jadwal lainnya, siswa diarahkan untuk aktif dan dapat mengerti dengan apa yang saya sampaikan kepada siswa nanti.

Tugas ini disusun untuk memenuhi :
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar