Minggu, 03 Mei 2015

TENTANG KE-PGSD-AN



Disini saya akan membahas sedikit dan singkat tentang jurusan yang saya jalani yaitu PGSD. Semoga bermanfaat ya...

PGSD atau singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jadi PGSD ini adalah jurusan yang dimana mahasiswa nantinya setelah lulus akan menjadi pendidik atau guru yang akan mengajari anak dari usia 7-12 tahun, dengan kata lainnya disebut sebagai Guru SD B-) .

Jurusan ini masuk ke dalam lima program studi yang banyak diminati. Berdasarkan Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014 kemarin, menempatkan PGSD di posisi 4 jurusan kuliah dengan peminat terbanyak dengan 81.181 peserta ujian. amazing kan ? belum lagi mahasiswa yang mendaftar di Perguruan Swasta, seperti saya saja mahasiswa pendaftar tahun 2013 banyak juga mahasiswa yang memilih dalam jurusan PGSD.

Memang PGSD beberapa tahun belakangan ini banyak diminati karena ada beberapa alasan yang melatarbelakangi dalam memilih, seperti beberapa diantaranya prospek yang menjanjikan setelah lulus, kesejahteraan guru yang semakin baik, tunjangan profesi guru yang lumayan besar, dan isu pensiun guru SD masal di indonesia. Tapi kalau saya sendiri memilih jurusan ini karena memang cita-cita sendiri, merasa pilihan terbaik untuk masa depan nanti, dan faktor orang tua utamanya yang sangat mendukung.

Mahasiswa PGSD di tuntun dengan berbagai kegiatan yang membentuk karakter, seperti dalam kegiatan perkuliahan yang membiasakan mahasiswa melatih berbicara dengan orang banyak, bertingkah laku sopan dan mendidik mahasiswa juga untuk berpakaian rapih layaknya seorang guru agar terbiasa ketika mendidik nanti.

Dalam pembelajaran, mahasiswa PGSD bukan berarti diajarkan kembali pada materi-materi di SD, tetapi bagaimana materi-materi di SD dapat disampaikan kepada muridnya dengan melakukan strategi dan metode tertentu, agar pembelajaran menyenangkan. Selain itu juga belajar seputar perkembangan anak, baik dari segi sikap, pengetahuan dan keterampilan bahkan diajarkan pula perkuliahan untuk dibiasakan menggunakan teknologi seperi komputer, proyektor, agar mahasiswa tidak ketinggalan zaman dan sebagai guru tidak gagap teknologi, jadi dengan itu juga dapat dikatakan sebagai guru kreatif karena telah memanfaatkan teknologi.
itulah sedikit bahasan singkat dari saya tentang ke PGSD-an. Semangat terus untuk berjuang demi masa depan, Hidup PGSD !!! =)

Tugas ini disusun untuk memenuhi :
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd