Jumat, 29 Mei 2015

Hasil Observasi Pembelajaran PKn di SD



 Pembelajaran PKn di SD


Pada tanggal 26 Mei 2015, saya dari kelompok 4 bersama ke empat teman-teman sekelompok (Ikit, Mutia, Indah, Mifta) melakukan observasi di SDN Ciputat 02. Kami melakukan observasi berupa wawancara kepada Kepala Sekolah dan Guru kelas V. 
Setelah saya simpulkan hasil dari wawancara tersebut, secara umum di sekolah ini sarana dan prasarana sudah bagus, dari perpustakaan, lapangan olahraga serta mushola sudah dimiliki. Hanya dari administrasi / pembiayaan yang memang bergantung pada pemerintah (BOS) sehingga jika dari Pemerintah tidak turun, bisa menyulitkan para guru dalam mengggunakan peralatan yang dibutuhkan seperti alat-alat ATK, hal itu dapat menjadi kendala. Akan tetapi semua memang bisa diatur dan di kelola baik oleh Kepala Sekolahnya, segala kekurangan yang terkendala dapat diakses lebih cepat. Permasalahan yang terjadi lainnya yaitu perubahan kurikulum yang hanya 3 bulan saja digunakan, apalagi guru-guru belum adanya persiapan dan penerapan yang dipaksakan.
Jika dalam pembelajaran PKn di kelas V, umumnya dalam moral sudah baik, akan tetapi moral di sebabkan dari faktor lingkungan yang sekitar 3% berdekatan dengan pasar, dan penyebab lingkungan lainnya yang dapat membuat siswa menjadi kurang perhatian dari orang tuanya. Selain moral kedisipilinan di sekolah ini sangat baik seperti melakukan pembiasaan upacara senin pagi. Akan tetapi kesulitan itu selalu disahakan agar lebih baik lagi.
Guru selalu berusaha untuk membuat siswa menjadi disiplin, tetapi jika sikap terhadap siswa dengan siswa terkadang sikap anak melakukan hal yang tidak sesuai dengan yang guru ajarkan, seperti anak yang meminjam barang-barang temannya tidak mengucapkan terima kasih, dan itu guru sendiri dapat melihat, entah itu bisa di sebut tidak disiplin atau kebiasaan siswa.

Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas :
Mata Kuliah : Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar