Sabtu, 13 Juni 2015

Mendeskripsikan tentang Teologi, MIPA, Teknologi Terapan, Sosial Budaya dan hubungannya




Teologi (Bahasa Yunani : θεος, theos, Allah, Tuhan, dan λογια, logia, kata-kata, ucapan, atau wacana) adalah wacana yang berdasarkan nalar mengenai agama, spiritualitas  dan Tuhan. Dengan demikian, teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan. Teologi memampukan seseorang untuk lebih memahami tradisi keagamaannya sendiri ataupun tradisi keagamaan lainnya, menolong membuat perbandingan antara berbagai tradisi, melestarikan, memperbaharui suatu tradisi tertentu, menolong penyebaran suatu tradisi, menerapkan sumber-sumber dari suatu tradisi dalam suatu situasi atau kebutuhan masa kini, atau untuk berbagai alasan lainnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Teologi)
MIPA (Matematika dengan IPA) merupakan ilmu dasar yang mempunyai saling keterkaitan yang sangat erat. IPA tidak mungkin dapat dikembangkan tanpa bantuan Matematika, sehingga mendorong Matematika untuk lebih berkembang. Matematika dan IPA juga bersama-sama mengembangkan kemajuan teknologi. Teknologi berkembang dengan pesat karena bantuan MIPA. Karenanya karakteristik dari Matematika perlu diketahui oleh guru IPA dan sebaliknya karakteristik IPA perlu diketahui oleh guru Matematika.
Teknologi Terapan adalah penerapan pengetahuan dari satu atau lebih bidang-bidang: matematika, fisika atau ilmu alam, ilmu kimia atau ilmu biologi untuk penyelesaian masalah praktis yang langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Teknologi terapan adalah semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Fungsi teknologi terapan adalah menjembatani riset yang dilakukan para peneliti dengan teknologi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Sosial Budaya : Sosial adalah suatu sifat dasar yang dimilikki oleh setiap indvidu untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Budaya adalah suatu hasil pola pikir manusia yang digunakan untuk pedoman dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Jadi secara garis besarnya sosial budaya merupakan segala sesuatu yang dihasilkan atau diciptakan oleh manusia untuk kelangsungan kehidupan bermasyarakat.
            Jadi hubungan dari ke 4 diatas, sains dan teknologi menjadi budaya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang saling mengisi (komplementer), ibarat mata uang, yaitu satu sisinya mengandung hakikat sains (the nature of science) dan sisi yang lainnya mengandung makna teknologi (the meaning of technology).
            Masing-masing bidang empat ilmu ini mengajukan pertanyaan mendasar yang saling berhubungan. MIPA, ”mengapa sesuatu fenomena itu terjadi?”; Teknologi, ”bagaimana cara menggunakan sesuatu itu untuk membuat manusia lebih nyaman?”; Sosial Budaya, ”bagaimana sebaiknya agar hidup manusia bisa selaras dengan lingkungan?”; Filsafat-Teologi, ”mana yang boleh, dan mana yang tidak boleh dilakukan agar kehidupan yang sekarang atau yang akan datang tetap baik?”.

Mata Kuliah : Pembelajaran PKn Di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono,M.Pd